April 26, 2015

Pengertian Survival | Bertahan Hidup Alam Bebas


Survival adalah sebuah teknik atau cara untuk bertahan hidup di alam bebas, survival tidak hanya dilakukan oleh hewan saja tetapi manusia juga. hal ini ditunjukkan adanya materi survival yang menjadi salah satu materi dasar yang diajarkan oleh organisasi atau komunitas pencinta alam. dimana di dalam materi survival kita akan diajarkan dari pengertian hingga teknik survival atau bertahan hidup.

Pengertian Survial

Secara bahasa Survival berasal dari bahasa inggris yaitu Survive yang berarti bertahan hidup, Di kalang penggiatan alam Survival merupakan suatu ilmu untuk mempertahankan diri dari berbagai ancaman di alam bebas menggunakan perlengkapan seadanya dengan tujuan untuk menjaga kelangungan hidup. orang yang melakukan kegiatan survival disebut Survivor. Survival dapat dilakukan sendirian atau survival tunggal ataupun berkelompok  yang dilakukan secara tim.

Arti Survival

Selain arti survival di atas, survival juga dapat diartikan perhuruf sesuai dengan buku komando survival.
  • S  : Sadarilah sungguh sungguh situasimu
  • U  : Untuk malang tergantung ketenanganmu
  • R : Rasa takut dan panik harus kamu kuasai
  • V : Vakum (kosong) isilah dengan segera
  • I : Ingatlah selalu di mana kamu berada
  • V : Viva (hidup) tetap hargailah dia
  • A : Adat istiadat setempat patut ditiru
  • L : Latihlah dirimu dan belajarlah selalu

Metode STOP

Metode STOP merupakan sebuah metode yang bisa digunakan oleh survivor apabila berada dikondisi yang terdesak, panik, kritis atau kehilangan arah. metode STOP ini dapat diartikan sebagai berikut :
  • S : Stop and seating (berhenti dan duduklah setenang mungkin)
  • T : Thingking (berfikirlah)
  • O : Observe (amati keadaan sekitar dengan seksama)
  • P : Planning (buat rencana yang harus di lakukan segera mungkin)

Medan untuk Bertahan Hidup

Didalam praktiknya survivor akan melakukan survival di empat medan atau lokasi yang telah dikelompokkan yaitu :
  1. Bertahan hidup di Laut.
  2. Bertahan hidup di Hutan.
  3. Bertahan hidup di Padang Pasir.
  4. Bertahan hidup di daerah Kutub.


Baca Juga Cara Bertahan Hidup di Hutan

Teknik Dasar dalam Survival

Dalam melakukan kegiatan bertahan hidup atau survival terdapat 5 (lima) teknik dasar survival.
  1. API
    Api merupakan salah satu elemen yang berperan penting dalam aktivitas bertahan hidup karena berfungsi sebagai penghangat, penerangan, penghalau binatang buas, kebutuhan masak-memasak dan memberikan sinyal dimana keberadaan survivor berada.
  2. Shelter atau Tenda
    Shelter adalah tempat tinggal sementara yang digunakan untuk berlindung survivor pada saat melakukan survival. Shelter bisa dibuat dari mantel seperti bivoac, memanfaatkan gua, rongga pohon yang aman atau celah bebatuan yang sekiranya mampu untuk melindungi survivor.
  3. Sinyal atau Tanda
    Sinyal atau Tanda merupakan bagian yang tidak kalah penting. Dengan adanya sinyal dapat memberikan potensi survivor dapat ditemukan oleh tim penolong karena sinyal dapat memberikan petunjuk dimana survivor berada.
  4. Makanan dan Air
    Makanan dan Air juga merupakan elemen penting dalam kegiatan survival karena tidak mungkin seorang yang ber-survival dapat bertahan hidup tanpa Makanan dan Air.
  5. Pertolongan Pertama
    Pertolongan pertama ini bukan hanya dalam kategori medis tetapi juga kategori psikologis dimana seorang survivor dituntun untuk tetap tenang dan tidak panik, karena panik dapat memperburuk kondisi sang survivor. pertolongan pertama ini dapat kita lakukan dengan metode STOP.
Demikian Pengertian Survival dan Teknik Bertahan Hidup Alam Bebas. Semoga bermanfaat.

Salam Lestari

No comments:

Post a Comment

SHUNT sangat berharap anda meninggalkan komentar yang membangun sehingga dapat membawa SHUNT ke arah yang lebih baik. Terima kasih