April 17, 2017

Apa Itu Tali Prusik dan Apa Fungsinya

Hai teman-teman Panjat Tebing apa kabar ? pasti kabar baik semuakan, baik kali ini kita akan membahas tentang Apa Itu Tali Prusik dan Apa Fungsinya. Saya yakin teman-teman yang hobi dengan kegitan panjat tebing pasti sudah pernah mendengar istilah Tali Prusik bukan ? Secara umum Tali Prusik merupakan tali berukuran kecil dengan diameter antara 5 sampai 8 mm,  tali prusik ini bentuknya seperti tali kernmantel.

alat panjat tebing, artikel panjat tebing, atlet panjat tebing, belajar panjat tebing, berita panjat tebing, cara latihan panjat tebing, cara panjat tebing, cara panjat tebing yang benar, cara panjat tebing yg benar, definisi panjat tebing, ekspedisi panjat tebing, gambar panjat tebing, gambar panjat tebing hitam putih, gambar panjat tebing wanita, gambar peralatan panjat tebing, ilmu panjat tebing, induk organisasi panjat tebing, info lomba panjat tebing, istilah lain panjat tebing, istilah olahraga panjat tebing, jenis panjat tebing, komunitas panjat tebing, nama lain panjat tebing, olahraga panjat tebing, olahraga panjat tebing adalah, organisasi panjat tebing, organisasi panjat tebing indonesia, organisasi panjat tebing internasional, panjat tebing, panjat tebing adalah, panjat tebing alam, panjat tebing anak, panjat tebing anak2, panjat tebing asia, panjat tebing bali, panjat tebing federasi, panjat tebing indonesia, panjat tebing jatim, panjat tebing jawa timur, panjat tebing pemula, panjat tebing speed, runner panjat tebing, sejarah panjat tebing, sejarah panjat tebing indonesia, sepatu panjat tebing, sepatu panjat tebing lokal, tali panjat tebing, tali temali panjat tebing, tali untuk panjat tebing, teknik dasar panjat tebing, teknik panjat tebing, teknik panjat tebing pemula, teknik tali temali panjat tebing, wall panjat tebing, webbing panjat tebing, wisata panjat tebing, asli magetan, event magetan, jaket kulit magetan, kab magetan, kabupaten magetan, komunitas anak magetan, komunitas di magetan, komunitas magetan, komunitas magetan indah, komunitas magetan indonesia, komunitas magetan jatim, komunitas magetan jawa timur, lintas magetan, magetan, magetan banget
Tali Prusik
Eits.. Sebelum lebih jauh perlu diketahui Tali Prusik yang kita maksud ini adalah tali prusik yang digunakan untuk kegiatan panjat tebing bukan Tali prusik yang digunakan untuk sekedar aksesoris gelang atau kalung. Karena digunakan untuk kegiatan panjat tebing tali ini dibuat dari bahan yang berkualitas dan kuat yaitu Nilon.

Baca Juga :



Fungsi Tali Prusik untuk Panjat Tebing
  1. Pengaman Tubuh, biasanya digunakan atau dikaitkan dengan Harness saat melakukan pemanjatan.
  2. Sling Runner, yaitu penghubung antara carabiner dan carabiner atau carabiner dengan skyhook.
  3. Untuk Ascending atau Prusiking atau memanjat tali dari bawah ke atas.
  4. Memeras Tali Kernmantel saat di cuci.
Bahan Tali Prusik
  1. Nilon
  2. Polyester, bahan ini biasanya digunakan untuk tali prusik aksesoris.
Berapa Beban yang Mampu Ditahan Tali Prusik ?
Baik, untuk bagian ini saya HANYA BERASUMSI saja yaitu kurang dari 20 kN, kenapa saya hanya berasumsi karena dari beberapa penelusuran saya menemukan Standar dari sebuah industri pertalian yakni Pigeon Mountain Industries (PIM) 11mm EZ-Bend terdapat beberapa perhitungan sesuai dengan Ukuran Tali Prusik Itu sendiri:
  1. 15.46 kN untuk Tali berdiameter 8mm
  2. 12.36 kN untuk tali berdiameter 7mm
  3. 9.61 kN untuk tali berdiameter 6mm
  4. 8.07 kN untuk tali berdiameter 5mm
Sumber saya sertakan dibawah sebagai tambahan referensi.. oh ya bahasa inggris ya hehehe.

mungkin itu dulu yang bisa saya share tentang Apa itu Tali Prusik dan Apa Fungsinya untuk temen-temen semua, jika saya ada kesalahan atau kekurangan tolong diingatkan agar kelak tidak menyesatkan siapapun. sekian dan Salam Lestari.

sumber : 
http://itrsonline.org/wordpress/wp-content/uploads/2015/02/004.Evans_.2014.pdf
https://prezi.com/kosz78uc7f46/prusik-strength/

No comments:

Post a Comment

SHUNT sangat berharap anda meninggalkan komentar yang membangun sehingga dapat membawa SHUNT ke arah yang lebih baik. Terima kasih