February 14, 2018

8 Tugas Utama Pemimpin Dalam Organisasi

apa saja tugas pemimpin,apa tugas pemimpin,jelaskan tugas pemimpin,pengertian dan tugas pemimpin,peranan dan tugas pemimpin,syarat dan tugas pemimpin dalam islam,tugas dan fungsi pemimpin,tugas dan fungsi pemimpin umum,tugas dan fungsi seorang pemimpin,tugas dan wewenang pemimpin,tugas fungsi pemimpin,tugas pemimpin,tugas pemimpin adalah,tugas pemimpin dalam organisasi,tugas pemimpin dalam perusahaan,tugas pemimpin dalam sebuah lembaga,tugas pemimpin di organisasi,tugas pemimpin kelompok,tugas pemimpin keluarga,tugas pemimpin team,tugas pemimpin tim,tugas pemimpin usaha,tugas seorang pemimpin


Tugas pemimpin secara umum adalah membimbing dan mengarahkan anggota tim, kelompok atau organisasi agar dapat menuju kearah yang sesuai dengan visi, misi dan tujuan  yang sudah dibuat bersama. Karena Pemimpin adalah orang yang memiliki beban tanggung jawab atas tercapainya visi, misi dan tujuan tersebut.

baca juga :



Simple.. Tapi benarkah sesimple itu tugas seorang pemimpin ? bagaimana sih maksud dari tugas pemimpin yang membimbing dan mengarahkan tersebut ? Apakah suka memerintah? Apakah suka bekerja ? Atau cuma ngewasi aja ? Atau membuat segudang aturan ini dan itu? Atau ????

Ok.. akan kita bahas sedetail mungkin di sini.

Pertama saat kita mempelajari materi keorganisasian kita tau bahwa, Seorang pemimpin hadir ditengah-tengah sekumpulan orang yang memiliki tujuan, keinginan, harapan, impian yang sama. Kehadirian pemimpin ini dimaksudkan agar setiap pergerakan orang-orang di dalam kelompok menjadi lebih fokus dan terarah sehingga tujuan segera tercapai.

Kehadiran pemimpin pun sebenarnya tidak serta merta hadir begitu saja, ada prosesi yang harus dilalui terlebih dahulu, mengingat tanggung jawab akan impian, tujuan dan harapan semua orang yang nantinya akan dibebankan padanya.

Di dalam rangkaian prosesi pemilihan seorang pemimpin tersebut selalu diusahakan dan diharapkan untuk memperoleh seorang pemimpin yang setidaknya memilik sifat-sifat berikut :
- Amanah
- ‎Jujur
- ‎Komunikatif
- ‎Cerdas

Karena sifat-sifat tersebut sangatlah berpengaruh terhadap peran seorang pemimpin dalam tugas tugas yang akan dia emban.

8 Tugas Utama Seorang Pemimpin

Tugas seorang pemimpin sebenarnya sangatlah banyak, bergantung dengan visi, misi dan tujuan dari tim, kelompok, komunitas, club atau organisasi yang dia pimpin.

Dalam penjabaran atas pengertian tugas pemimpin yang membimbing dan mengarahkan organisasi dapat kita break down menjadi 8 point tugas utama seorang pemimpin :

1. Problem Solving
Mustahil jika sebuah kelompok, tim, ataupun organisasi terbebas dari suatu masalah, sudah hukum alam  apabila satu orang dengan orang lain berkumpul dan memiliki perbedaan pendapat dan cara pandang terhadap suatu permasalah yang harus berujung pada konflik dan di sinilah peran seorang pemimpin untuk menjadi tokoh penyelesai masalah yang menyelesaikan masalah dengan segala data, informasi, kecerdasan dan kebijaksanaan yang dimiliki.

Pantang bagi seorang pemimpin menyelesaikan masalah tanpa adanya data dan informasi yang valid. Pemimpin juga harus siap akan problem yang datang dari luar sebab konflik tidak hanya terjadi atau berasal dari internal organisasi tapi juga terjadi berasal dari eksternal organisasi.

2. Memberi Suggesti
Suggesti atau rangsangan terhadap anggota organisasi adalah wajib dilakukan oleh seorang pemimpin, mengingat keberadaan orang atau individu di dalam organisasi tidak selalu sejalan dengan visi, misi dan tujuan organisasi, meskipun hal tersebut dilakukan atas kesadaran sendiri maupun tidak, faktanya banyak anggota-anggota organisasi dengan atau tanpa disadari telah melakukan tindakan yang sebenarnya bertentangan dengan visi, misi dan tujuan organisasi. Dan tugas seorang pemimpin adalah merangsang atau mensugesti anggota organisasi agar tetap menjaga kehormatan organisasi, kekompakan antar anggota dan tetap bergerak dijalur yang sudah ditentukan.

3. Support
Support atau pendukung adalah salah satu tugas pemimpin, meskipun pemimpin berada pada barisan terdepan dalam organisasi tapi perlu diketahui bahwa pemimpin juga bertanggung jawab atas kemajuan anggota-anggotanya dalam melaksanakan program kerja yang sudah ditentukan oleh organisasi.

Jika anggota tidak mendapat dukungan dari pemimpin maka bisa jadi program kerja tidak bekerja sesuai dengan rel yang sudah dibuat.

4. Katalisator
Dalam organisasi ada kalanya anggota merasakan kejenuhan dengan kegiatan yang dirasa monoton sehingga kinerja anggota organisasi menurun sehingga peran pemimpin sebagai katalisator sangat diperlukan untuk memberikan rangsangan, motivasi agar angggota terus menggerakkan dan beesemangat untuk berorganisasi yang baik, dengan begitu kekompakkan, kinerja dan semangat anggota tetap terjaga.

5. Pelindung
Dengan keanekaragaman karakter yang bercampur di dalam organisasi seringkali menimbulkan rasa tidak nyama yang membuat beberapa anggota merasa tidak aman dan khawatir "tertular" kebiasaan atau perilaku yang dianggap "tidak baik" dari anggota yang lain, sehingga seorang pemimpin perlu memberikan perlindungan dan menciptakan iklim (suasana) organisasi yang nyaman bagi anggotanya.

Hal ini bisa dilakukan dengan memberikan beberapa aturan  dan menerapkan sanksi tegas terhadap pelanggaran terhadap aturan yang sudah dibuat.

6. Mewakili Organisasi
Meskipun organisasi memiliki banyak anggota dan masing-masing anggota ikut menjadi wakil organisasi namun perlu diingat yang berada dibaris terdepan adalah pemimpin. 

Selain mengurusi anggota dan pengelolaan internal organisasi itu sendiri, Tugas pemimpin yang sangat jelas adalah mewakili organisasi. 
Hal ini dapat terlihat saat ada perkumpulan antar club, komunitas, atau organisasi untuk membahas suatu program kegiatan bersama.

Sehingga di sini pemimpin memiliki tugas menghubungkan organisasinya sendiri dengan organisasi lain.

7. Sumber Inpirasi
Tidak dapat dipungkiri bahwa karakter yang menempel pada diri seorang pemimpin sering dijadikan sebagai tolok ukur karakter secara umum dari suatu organisasi. Baik atau buruknya organisai ada pada pemimpin.  Kesimpulan tersebut didasarkan pada "pemimpin adalah contoh" yang dapat ditiru dan menjadi inspirasi  bagi anggota-anggotanya.

Tak jarang jika seorang pemimpin yang memberikan contoh tidak baik dapat menimbulkan pertentangan dan berujung pada ketidak percayaan anggota kepada pemimpin. Bisa jadi muncul kelompok baru dalam organisasi yang menentang kepemimpinan seorang pemimpin.

8. Memberi kepercayaan
Memberikan kepercayaan kepada anggota merupakan salah satu tugas pemimpin yang sangat mendasar, sebab dengan memberikan kepercayaan pada anggota adalah bentuk pengakuan seorang pemimpin terhadap kompetensi atau kemampuan atas anggota-anggotanya dalam menjalankan tugas dari organisasi.

Pengakuan atau kepercayaan yang diberikan pada anggota, secara tidak langsung dapat mendongkrak pencapaian terbaik dari anggota-anggotanya.

Selain memberikan kepercayaan, seorang pemimpin wajib memberikan suatu penghargaan atau reward atas pencapaian yang dicapai oleh anggotanya.

Dengan memahami 8 tugas pemimpin di atas diharapkan seorang pemimpin dapat membawa organisasinya mencapai visi, misi dan tujuan yang sudah ditetapkan tanpa ada perpecahan dan permasalahan lain dalam tim, kelompok, komunitas, club atau organisasi.

No comments:

Post a Comment

SHUNT sangat berharap anda meninggalkan komentar yang membangun sehingga dapat membawa SHUNT ke arah yang lebih baik. Terima kasih